PERSENYAWAAN KIMIA ORGANIK


Hallo teman, ketemu lagi bareng saya , sebelumnya kita sudah mempelajari peranan kimia organik terhadap pembelajaran kimia dan konformasi struktur. Kali ini kita membahas tentang persenyawaan kimia organik.
Dalam kimia organik III kali ini teman pembahasan kita mengenai persenyawaan kimia organik. Apa itu persenyawaan? Apa itu senyawa kimia organik? Berikut ulasannya.
Persenyawaan dapat didefenisikan secara kimia sebagai pencampuran antara beberapa senyawa dengan benar.
Senyawa organik  merupakan kelompok senyawa kimia dimana molekulnya terdapat karbon dan hidrogen (pembangun utama). Senyawa organik juga banyak yang merupakan bagian dari biokimia seperti : karbohidrat, lemak dan protein.
 Nah pada kesempatan ini teman kita akan membahas lebih kepada manfaatnya kepada kehidupan sehari-hari, baik terhadap kesehatan tubuh, lingkungan dan pembelajarn kimia. perlu diketahui teman ada banyak sekali senyawa organik di alam maupun yang dilingkungan sekitar kita teman, pada kesempatan ini saya akan memaparkan beberapa senyawa kimia organik dan peranannya atau manfaatnya terhadap kehidupan sehari-hari.

1. Bidang pangan
   Tentunya teman teman semua dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari yang namanya mengkonsumsi makanan, nah didalam makanan yang teman-teman konsumsi terdapat senyawa kimia organik yang berperan penting di dalam tubuh, salah satu contohnya adalah vitamin c, dimana vitamin c sangat penting bagi tubuh dalam kelangsungan proses metabolisme tubuh, misalnya pembentukan hormon, penyerapan zat besi dan daya tahan tubuh.
Rumus struktur asam askorbat (vitamin c)
2. Bidang kesehatan
    Dalam dunia kesehatan teman, kimia organik juga berperan penting dalam menyembuhkan penyakit, dimana kimia organik dapat ditemukan pada beberapa obat sebagai contoh berikut ini :
Ø  sakit kepala : parsetamol, aspirin, antalgin
Ø  obat bius     : kloroform, dietil eter, etilena
Ø  obat maag   : kunyit, lidah buaya dan sebagainya
Rumus struktur paracetam


3. Bidang pertanian
    Peranan senyawa kimia organik dibidang pertanian yang sangat sering digunakan untuk membasmi hama tanaman (pestisida) berikut contoh senyawa kimia organik pada batang mangga diantaranya adalah hama buah dengan metil eugenol sebagai senyawa kimia organik yang berperan dalam membasmi hama lalat.
Rumus struktur metil eugenol
4. Bidang Industri
    Dalam bidang industri senyawa organik yang digunakan dapat berupa bahan baku maupun hasil dari industri, salah satu contohnya Dinitroaniline orange yang menghasilkan warna jingga pada industry cat.
Rumus Dinitroanilin
Nah dari pemaparan diatas teman-teman sebenarnya masih banyak lagi senyawa-senyawa kima organik yang memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dan perlu diketahui teman teman bahwasannya senyawa kimia organik itu banyak sekali membantu maupun melengkapi kita dikehidupan ini.

Permasalahan
1.   Dari pemaparan diatas, berikan contoh lainnya dari pemanfataan senyawa kimia organik dalam bidang pangan dan jelaskan ?
2.   Kunyit merupakan senyawa kimia organik yang dapat menjadi solusi bagi penyakit magg, dari narasi tersebut Jelaskan kenapa kunyit dapat menjadi solusi bagi penyakit maag?
3.  Jelaskan bagaimana peranan kimia organik dibidang pertanian dalam pembasmian hama
    tanaman ?

Komentar

  1. Perkenalkan saya Angesti Dhitya dengan NIM A1C117004 ingin menjawab permasalahan pertama. Dalam bidang pangan selain vitamin c yg dijelaskan dalam blog ini, ada senyawa organik lain yang digunakan dalam bidang pangan. Contohnya aspartam. Aspartam merupakan zat yang digunakan sebagai pemanis dalam makanan. Aspartam ini digunakan untuk mengganti gula pasir.

    BalasHapus
  2. Halo, Ruslan. Saya Salsa Billa Aprianti dengan NIM A1C117052 akan membantu menjawab permasalahan nomor 2.


    Karena di dalam kandungan kunyit terdapat salah satunya Paracetamol, yang mana memiliki manfaat luar biasa dalam merendakan rasa nyeri. Salah satunya nyeri yang timbul akibat penyakit maag. Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Perkenalkan saya Maratul hasanati dengan NIM A1C117032 ingin menjawab permasalahan ketiga
    Pembasmi hama atau pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu. Nama ini berasal dari pest (hama) yang diberi akhiran -cide (pembasmi). Sasarannya bermacam-macam, seperti serangga, tikus, gulma, burung, mamalia, ikan, ataumikrobia yang dianggap mengganggu.
    PESTISIDA sudah jelas adalah untuk membasmi hama yang mengganggu produksi pertanian. PESTISIDA masih jadi prioritas utama petani untuk membasmi hama yang sering kali membuat hasil panen mereka menjadi tidak bagus,rusak, bahkan tidak sering membuat para petani menjadi rugi karna gagal panen yang disebabkan oleh hama-hama pertanian tersebut. PESTISIDA saat ini sudah dibagi menyadi 2 jenis, yaitu PESTISIDA KIMIA dan PESTISIDA ORGANIK.

    KIMIA PESTISIDA Pestisida tersusun dan unsur kimia yang jumlahnya tidak kurang dari 105 unsur. Namun yang sering digunakan sebagai unsur pestisida adalah 21 unsur. Unsur atau atom yang lebih sering dipakai adalah carbon, hydrogen, oxigen, nitrogen, phosphor, chlorine dan sulfur. Sedangkan yang berasal dari logam atau semi logam adalah ferum, cuprum, mercury, zinc dan arsenic.
    ORGANIK PESTISIDA Organik PESTISIDA adalah PESTISIDA yang bahan dasarnya terbuat dari nahn-bahan oragik semisal Bawang putih, pandan, kemangi, cabe rawit, tembakau, kunyit, kenikir, daun nimba, serai, lengkuas, daun sirsak, rimpang jariangau.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP DALAM SINTESIS SENYAWA ORGANIK PART 1

ANALISIS PRINSIP RETROSINTESIS

MEKANISME REAKSI ELIMINASI E2