KARAKTERISASI SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM PART 1

Senyawa bahan alam merupakan seluruh bahan kecuali bahan mineral dan sintetik. Perkembahan kimia bahan alam dimulai sejak abad ke-20 yang pada waku itu, melakukan ekstrak pertama kali dilakukan hingga menghasilkan senyawa murni (morfin, striknin, atropine) yang pada akhirnya dilakukan penentuan struktu-struktur senyawa itu.

Banyak sekali jenis-jenis senyawa alam di dunia, salah satu senyawa bahan  alam yang terdapat banyak didunia adalah alkaloid. Alkaloid adalah salah satu golongan senyawa organik yang yang sangat banyak ditemukan dialam. Sebagain besar alkaloid bersumber dari tumbuh-tumbuhan tersebar luas. Kadar alkaloid yang terdapat banyak ditumbuhan ialah tumbuhan dikotil, sedangkan pada tumbuhan monokotil hanya terdapat sedikit kadar alkoloid.

Alkaloid merupakan senyawa yang bersifat basa karena mengandung otam nitrogen bisa satu aupun lebih. Atom karbon, hydrogen, nitrogen dan oksigen juga terkandung didalam alkaloid dimana secara analisis kimia dikatakan gugus C, H, O dan N. senyawa alkaloid banyak terdapat pada akar, biji , kayu maupun dari heman juga.
Seluruh alkaloid itu mengandung sebuh nitrogen paling sedikit dan pada umumnya brsifat basa dan sebagian besar nitrogen merupakan bagian dari cincin heterosiklik.

Alkaloid terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah kodein, morfin, heroin, kinin, kafein, dan nikotin. Pada kali ini pembahasan akan lebih berpusat kepada salah satu bagian dari alkaloid yaitu nikotin, berikut ulasannya.

NIKOTIN



Nikotin merupakan senyawa alkaloid yang mempunyai rumus umum senyawa C10H14N2, nikotin banyak terdapat didalam tanaman bermarga salah satunya tanaman jenis tembakau. beriku ulasan dari struktur nikotin diatas :
1. nikotin mempunyai atruktur siklik 6 dan siklik 5
2. nikotin mempunyai 10 atom karbon pada penyusun strukturnya.
3. pada strukturnya terdapat gugus nitrogen disetiap gugus siklik 6 dan 5
4. terdapat gugus metil pada siklik 5 

berikut ini hubungan struktur nikotin dengan kerja nikotinnya :


permasalahan :

1. Senyawa bahan alam sering dikaitkan dengan fitokimia, sebenarnya apa keterkaitan antara senyawa bahan alam dengan fitokimia?
2. Coba anda jelaskan bagaimana bisa penisilin menjadi obat anti bakteri, yang pada abad ke-20 dianggap sebagai penemuan spektakuler!
3. Mengapa senyawa metabolit sekunder mempunyai keaktifan yang tinggi dan keberadaannya bergantung pada lingkungan tempat organisme hidup ?

Komentar

  1. saya yuli pertiwi (020)
    3. metabolit sekunder mempunyai keaktifan yang tinggi dikarenakan keragaman dan keunikan strukturnya, keragamanan dan keunikannya yang tinggi membuatnya sulit diidentifikasi melalui struktur-struktur kimia yang ada di alam. metabolit sekunder ini keberadaanya bergantung pada lingkungan organisme hidup karena metabolit sekunder ini berfungsi sebagai pertahanan diri organisme yang mengandungnya, maka dari itu ia tergantung dari keberadaan organisme itu hidup dimana.

    BalasHapus
  2. Halo ruslan! Saya akan membantu menjawab permasalahan no.1 menurut beberapa sumber yang telah saya baca, fitokimia adalah salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang komposisi senyawa kimia bahan alam khususnya pada tumbuhan. Maka dari itu senyawa kimia bahan alam ini sangat erat kaitannya dengan fitokimia, karena di dalam ilmu fitokimia ini mempelajari tentang senyawa2 kimia bahan alam yang terdapat dalam tumbuhan.
    Terimakasih, semoga membantu

    BalasHapus
  3. 2.) Penemuan penisilin selalu dikaitkan dengan ilmuwan Skotlandia, Alexander Fleming
    Dari temuannya Fleming menyimpulkan bahwa adanya lingkaran hambatan atau yang disebut juga dengan zona bening pada pertumbuhan bakteri di piringan kultur Staphylococcus. Hal itu dikarenakan adanya sebuah subtansi penghambat pertumbuhan dan menghancurkan bakteri. Ia kemudian menumbuhkan sebuah kultur murni dan menemukan Penicillium yang kemudian dikenal sebagai Penicillium chrysogenum. Fleming memberikan istilah "penisilin" untuk menggambarkan hasil filtrasi dari kultur mikrobiologis Penicillium.
    Penisilin adalah sebuah kelompok antibiotika β-laktam yang digunakan dalam penyembuhan penyakit infeksi karena bakteri, biasanya berjenis Gram positif. Penisilin ini bekerja dengan menghambat pembentukan dinding sel bakteri, dengan menghambat digabungkannya asam N-asetilmuramat non esensial ke dalam struktur mukopeptida yang biasanya membuat sel menjadi kaku dan kuat. Cara kerja ini juga berarti bahwa penisilin hanya akan aktif bekerja pada satuan patogen yang sedang tumbuh dengan aktif. Obat ini bekerja dengan membunuh bakteri penyebab infeksi atau menghentikan pertumbuhannya. Sehingga penisilin ini bisa digunakan sebagai obat anti bakteri.

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP DALAM SINTESIS SENYAWA ORGANIK PART 1

ANALISIS PRINSIP RETROSINTESIS

MEKANISME REAKSI ELIMINASI E2