Kerbohidrat merupakan jenis biomolekul yang sangat banyak ditemukan dialam baik dari tumbuhan, buah-buahan, umbi-umbian dan lain sebagainya. Karbohidrat dapat di golongkan menjadi 3 bagian yaitu monosakarida, oligosakarida dan polisakarida.

Karbohidrat merupaka sumber energi bagi tubuh dan merupakan senyawa makanan utama otak. Jadi tidak bisa semena-mena membatasi konsumsi karbohidrat setiap harinya karena tetap akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pada hakikatnya karbohidrat itu dapat terbaagi menjadi 2 jenis, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana, terkandung didalam makanan manis seperti madu, gula, dan gula merah. Karbohidrat sederhana merupakan karbohidrat yang paling mudah di serap oleh tubuh menjadi gula darah. Akibat dari bentuknya yang tidak rumit. Hal ini yang menyebabkan orang yang menderita penyakit diabetes tidak dipeeerbolehkan mengkonsumsi gula dalam bentuk seperti ini. Karena akan menyebabkan gula dalam darah meningkat dengan cepat dan sangat berbahaya bagi kesehatan.


Karbohidrat kompleks, karbohidrat yang sering ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti kentang, nasi, mie, bihun dan lain sebagainya. Semua dari karbohidrat ini mengandung pati.



Pati, pati merupakan sumber energy yang paling lama dicerna, karena bentuknya yang rumit jika kita bandingkan dengan karbohidrat sederhana. Nah jika kita mengkonsumsi karbohidrat ini maka gula dalam darah akan meningkat sesaat. Tetapi Jenis karbohidrat ini tetap akan membuat gula dalam darah naik walaupun tidak secepat karbohidrat sederhana.

Serat, merupakan karbohidrat yang kompleks, jika semua sayur dan buah yang dikonsumsi mengandung karbohidrat. Istimewanya serat jika dibandingkan dengan karbohidrat lain tidak berdampak buruk pada kesehatan justru beberapa peneliti mengatakan serat dapat mengatur gula dalam darah. Karna saat diproses dalam tubuh yang diserap merupakan kalori jadi aman dikonsumsi dalam tubuh.


Permasalahan :
1. Karbohidrat kompleks salah satunya dalam bentuk serat, nasi merah merupakan sumber dari serat yang dapat mengendalikan gula dalam darah, tetapi pada fakta yang pernah saya temukan orang pengidap diabetes saat memakan beras merah justru muntah2, sebenarnya apa yg terjadi?
2. Mengkonsumsi karbohidrat dalam bentuk kacang-kacangan akan membantu mengurangi sembelit, kenapa hal itu bisa terjadi?
3. Tubuh harus mengkonsumsi karbohidrat secara cukup, jika tubuh tidak mengkonsumsi karbohidrat dengan cukup dapat memicu penyakit flu, kenapa bisa hal ini terjadi?jelaskan!

Komentar

  1. Saya Winda Sitia Elisabeth Sinaga dengan NIM A1C117016 akan mencoba menjawab permasalahan nomor 3. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan sistem imun menjadi lemah, fungsi karbohidrat sendiri adalah memberikan energi bagi tubuh. sehingga jika energi yang diperoleh dari karbohidrat ini tidak mencukupi maka tubuh akan kekurangan energi yang kemudian berpengaruh kepada sistem imun tubuh. Oleh karena sistem imun tubuh yang rendah, maka tubuh kita mudah terserang penyakit, misalnya penyakit flu yang dapat terjadi karena udara disekitar kita dan makanan yang kita makan karena tidak adanya lagi penjagaan dalam tubuh kita yang maksimal

    BalasHapus
  2. Saya Enung (A1C117956)
    no.1 pada penderita diabetes rasa mual atau muntah kerap terjadi. Kadar gula darah yang tinggi (diabetes) dapat merusak sistem syaraf termasuk saraf pada lambung. Ketika penderita makan beras merah dan masuk kedalam lambung, saraf vagus atau saraf pengendalian otot-otot dilambung untuk berkontraksi mendorong makanan ke usus halus. Akibat dari diabetes ini saraf vagus menjadi rusak dan gerakan pada lambung akan menjadi lambat, sehingganya makanan menjadi tertahan di dalam lambung gejalan ini disebut Gastroparesis. Gejala gastroparesis ini seperti perut tetasa cepat kenyang, mual, muntah, berat badan turun, kembung, asam lambung naik ke kerongkongan hingga terjadi kejang di dinding lambung. Untuk kasus penderita diabetes memakan beras merah terjadi keadaan muntah-muntah, itu bukan beras merahnya yang bermasalah tetapi kondisi tubuh khususnya lambung telah terjadi komplikasi akibat gula darah yang tinggi dan tidak terkendali.

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab permasalahan kedua, sembelit dapat disebabkan oleh kekurangan serat dalam tubuh. Untuk mengatasinya dibutuhkan makanan yg mengandung serat. Kacang kacangan merupakan salah satu makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Itulah yg menyebabkan pencernaan menjadi lancar dan dpt mengurangi sembelit

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP DALAM SINTESIS SENYAWA ORGANIK PART 1

ANALISIS PRINSIP RETROSINTESIS

MEKANISME REAKSI ELIMINASI E2