SENYAWA POLIENA DAN KAITANNYA DENGAN SPEKTRO UV-VIS


Sebelumnya kita sudah membahas mengenai senyawa poliena dan zat warnanya. Karatenoid merupakan bagian dari poliena yang dapat memancarkan pigen warna pada tumbuhan atau tanaman, warna karatenoid biasanya kuning, orange, merah orange. Karatenoid biasanya terdapat pada daun dan identik terdapat pada daun bagian atas. Maka dari itu pada atas permukaan daun tanaman selain terdapat klorofil juga terdapat karatenoid. Karatenoid terdapat pada buah buahan, ubi ubian, dan beberapa bunga berwarna kuning dan merah.



Spektro uv-vis atau spektrofotometer adala alat yang sering digunakan untuk mengukur warna dengan metode melewati cahaya dengan panjang gelombang tertentu, terhadap sesuatu yang hendak diukur (diatas kaca atau kuarsa yang sering disebut kuvet). Dimana sebagain dari cahaya yang ditembakkan akan terserap dan yang lainnya akan terlewatkan. Kemudian cahaya atau nilai absorbansi cahaya yang dilewatkan akan sama dengan konsentrasi larutan didalam kaca atau kuvet tadi. Secara garis besar pinsip kerja spektrofotmeter dimana cahaya akan masuk kedalam monokromotor, , kemudian di transmisikan melalui sel objek atau sampel kemudian jatuh pada detektor  lalu sinyal listrik dikonversikan dan disajikan dalam bentuk rekorder.




Berikut ini bagian dari spektrofotometer dan fugsinya dalam menentukan nilai suatu warna pigmen diantaranya sebagai berikut :
1.      Sinar polikromatis, berfungsi sebagai sinar polikromatis dengan berbagai rentang panjang gelombang yang dapat diatur.
2.      Monokromator, berfungsi sebagai pemilah panjag gelombang dengan cara mengubah caahaya yang berasal dari polikromatis menjadi cahaya monokromatis, pada saat ini jenis monokromatis yang sering digunakan adalah lensa prima dan sarinbg optik.
3.      Cuvet, berfungsi sebagai tempat objek yang akan dianalisis. Biasanya cuvet terbuat dari kaca,plastic, plexiglass, dan darikwars. Dengan berbentuk tabung persegi panjang 1 x 1 cm dengan tinggi 5 cm.
4.      Detektor, berfungsi sebagai penerus cahaya dari sampel dan diselesaikan menjadi arus listrik.
5.      Read out, berfungsi sebagai system yang membaca hasil dari analisis objek yang diterima melalui isyarat listrik.

Permasalahan
1. Bagaimana kita memberikan pengaturan panjang gelombang terhadap objek buah biahan yang  akan dianalisis nilai warnanya?
2. Cuvet merupakan alat untuk meletakkan objek yang akan diteliti, kuvet dapat dibuat dari beberapa macam bahan dasa, apakah semua bahan dasar tersebut dapat menghasilkan hal yang sama
3. Bagaimana caranya menyiapkan sel sampel atau objek yang akan diteliti sebelum masuk kedalam  kuvet ?

Komentar

  1. Hallo ruslan.
    Saya emy yulia Nim A1C117064 akan membantu menjawab no 3 menurut saya untuk sampel ini dapat berbentuk larutan dan biasanya dioleskan pada dua lempeng natrium klorida. Untuk sampel berbentuk larutan ini kita masukkan kedalam sel larutan klorida. Kemudian sel ini akan dipecahkan dan akan diambil kembali larutan untuk dianalisis.
    Semoga membantu.

    BalasHapus
  2. Hai Ruslan
    Saya Regina Purba akan mencoba menjawab permasalahan nomor satu.
    Pengaturan panjang gelombang terhadap buah-buahan sama seperti menganalisis nilai warna objek lain. Dimana sebagian dari cahaya yang ditembakkan akan diserap dan lainnya akan diteruskan selanjutnya cahaya yang dilewatkan tadi akan sama dengan konsentrasi larutan di dalam kaca. Misalnya sebuah buahan yang memiliki panjang gelombang 340 nm maka warna yang akan dipantulkan atau komplementer yaitu kuning. Begitu juga dengan objek lain yang memiliki panjang gelombang yang sama.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb.
    Saya Khairil Liza
    NIM A1C117036

    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2 dari ruslan.
    semua bahan dasar dapat menghasilkan cuvet yang sama. Tetapi untuk bahan dasar plastik, produk cuvet yang dihasilkan hanya dapat digunakan hanya satu kali saja.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  4. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP DALAM SINTESIS SENYAWA ORGANIK PART 1

ANALISIS PRINSIP RETROSINTESIS

MEKANISME REAKSI ELIMINASI E2