KARAKTERISASI SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM PART 2



Sebelumnya kita sudah membahas secara detail mengenai alkaloid yang terfokuskan dalam pembahasan mengenai nikotin. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai turunan-turunan dari nikotin dan manfaatnya terhadap kehidupan kita sehari-hari atau bahkan dampak negative terhadap kehidupan kita sehari hari.

nikotin yang biasanya sering kita jumpai dalam kehidupa sehari-hari itu pada tembakau rokok, nikotin juga mempunyai fungsi sebagai obat yang membuat kecanduan dimana nikotin sendiri mempunyai dampak saat setelah dikonsumsi beruapa rasa kesenangan kepada si pemakai, walaupun tidak se kuat ganja ataupun yan lainnya, nikotin pada rokok sendiri masih legal di indonesia walaupun sebebnarnya semua oarng tau bahwasannya nikotin pada rokok berbahaya dan dapat menyebabkan ganguan kesehatan kepada sipengguna. apakah turunan nikotin mempunyai fungsi yang sama? untuk menjawab pertanyaan ini mari ikuti ulasan berikut.



Diatas ini merupakan turunan turunan dari nikotin, gambar diatas merupakan proses metabolisme niotin di dalam tubuh, dimana struktur nikotin dapat berubah disebabkan senyawa-senyawa kimia yang terdapat disekitarnya. Sebagian besar in vivo (penelitian untuk nikotin) metabolit dari nikotin adalah konitin laktam. Transformasi metabolit ini mewakili semua oksidasi 4–elektron. Studi in vitro (penelitian untuk nikotin) menunjukkan hilangnya nikotin dari campuran inkubasi tidak dihambat, walaupun pembentukan nikotin diblok secara sempurna.
Metabolisme oksidatif pada nikotin dengan pembuatan mirkosomal hati kelinci dengan adanya ion sianida ditunjukkan dengan adanya isomer kedua senyawa siano nikotin. Pembentukan struktur N-(sianometil) nornikotin didapatkan dari penyerangan nukleofilik oleh ion sianida pada senyawa antara jenis metil iminium. Senyawa ini dibentuk dengan ionisasi jenis N hidroksimetil nornikotin. Senyawa antara karbinolamin yang sama terlihat pada N-demetilasi dari nikotin menjadi nornikotin
sebelumnya kita harus tau dulu struktur umum dari nikotin seperti apa, berikut struktur umum nikotin  :



Permasalahan
1.      Seperti yang kita ketahui nikotin banyak terdapat pada tumbuhan tembakau apapun jenisnya, apakah nikotin juga terdapat pada tumbuhan selain tembakau? Berikan alasannya!
2.      Salah satu turunan dari nikotin adalah n-hidroksimrtil nomikotin, apa sebenarnya manfat turunan nikotin ini bagi tubuh?
3.      Kenapa nikotin dapat menimbulkan rasa senang, dan kenapa orang yang kecanduan nikotin terancam terkena penyakit stroke, serangan jantung dan yang lainnya? Jelaskan!

Komentar

  1. nama : rahma
    nim : A1C117018
    NO 1

    apakah nikotin juga terdapat pada tumbuhan selain tembakau,jawaban saya iya karna Selain pada tembakau, nikotin juga terdapat pada beberapa sayuran yang sering kita konsumsi sehari-hari seperti terong,tomat,sayur kol,dll.Pada umumnya nikotin terdiri dari karbon, hidrogen, nitrogen dan terkadang juga oksigen. Senyawa kimia alkaloid ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulant terhadap tubuh manusia.

    BalasHapus
  2. (A1C117074)
    3. Nikotin ini banyak fungsinya dan juga dampak negatifnya, yang mana nikotin ini bekerja sebagai perantara dalam sistem saraf pusat manusia yang mana hal ini dapat menyebabkan reaksi biokimia, sehingga hal inilah yang menyebabkan efek efek tidak baik itu. Lalu juga nikotin ini memberikan efek kesenangan seperti morfin karena sifatnya.

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab permasalahan nomor 2. Fungsi turunannya dapat digunakan sebagai bahan kimia antiherbivore dan adanya kandungan neurotoxin yang amat sensitif untuk serangga. Sehingga nikotin pada masa lalu berfungsi sebagai insektisida.

    BalasHapus
  4. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP DALAM SINTESIS SENYAWA ORGANIK PART 1

ANALISIS PRINSIP RETROSINTESIS

MEKANISME REAKSI ELIMINASI E2