PERSENYAWAAN KIMIA ORGANIK HETEROSIKLIK


Hallo teman ketemu lagi sama saya, pada meteri sebelumnya kita sudah membahas mengenai sterokimia lanjut persenyawaan kimia organik, nah kali ini kita akan membahas dan berbagi info mengenai materi persenyawaan kimia organik heterosiklik.apa sih senyawa heterosiklik itu? Nah untuk mengetahui hal tersebut berikut saya berikan ulasan materinya.
Senyawa heterosiklik sering juga disebut senyawa heterolingkar, merupakan senyawa kimia dengan struktur melingkar yang sering disebut struktur cincin. Dimana di dalam struktur tersebut terdapat atom belerang, nitrogen maupun oksigen kecuali carbon. Senyawa heterosiklik juga terbagi menjadi dua berdasarkan sifatnya berupa cincin aromatik sederhana maupun cincin non-aromatik, salah  satu contohnya adalah piridina (C5H6N).

Sedangkan senyawa heterosiklik dibagi menjadi dua bagian jika dilihat dari jumlah cincin yang menyatu, yaitu sebagai berikut : dikatakan poliheterosiklik jika cincin yang menyatu lebih dari satu. Sedangkan dikatakan monoheterosiklik jika satu cincin yang menyatu.

Heterosiklik juga mempunyai cara tertentu dalam penamaannya berikut ini ulasanya. 




Penamaan senyawa heterosiklik dapat dilakukan dengan penomoran atom yang bukan merupakan carbon terlebih dahulu atau diberikan nomor terendah.




Kemudian penamaan senyawa heterosiklik juga dapat dilakukan dengan menggunakan huruf alpha, beta dan gamma.




Manfaat senyawa heterosiklik bagi lingkungan maupun bagi manusianya itu sendiri diantaranya sebagai obat dan pewarna sintesis.

Permasalahan
1.     Bagaimana cara membedakan poliheterosiklik dan monoheterosiklik dalam senyawa heterosiklik ?
2.     Senyawa heterosiklik dapat bermanfaat dibidang obat-obatan, jelaskan mengapa senyawa heterosiklik dapat bermanfaat dibidang obat-obatan ?

3.     Bagaimana cara membedakan senyawa heterosiklik dan senyawa polisiklik ?

Komentar

  1. Halo ruslan, saya ira desmila nim A1C117010 akan mencoba menjawab pertanyaan no. 3. Menurut saya cara kita membedakan senyawa heterosiklik dan polisiklik adalah dengan melihat dari cincin nya, kalau senyawa heterosiklik itu biasanya dicirikan dengan atom atom yang disekitar cincinnya itu lebih dua atom yang berbeda (beraneka ragam atom) sedangkan kalau pada polisiklik itu pada cincinnya cenderung menggunakan atom-atom karbon secara bersama-sama, atau bisa juga dicirikan dengan adanya paduan antara dua atau lebih cincin benzen. Semoga membantu..

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr wb
    Saya Ariyansyah
    NIM A1C117050
    Saya akan mencoba membantu permasalahan no 1
    Bagaimana cara membedakan senyawa poliheterosiklik dan monoheterosiklik. Kita dapat membedakannya dengan melihat struktur dari senyawa heterosiklik tersebut jika hanya mempunyai satu siklik maka dia monoheterosiklik dan jika lebih dari satu siklik maka dia poliheterosiklik. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Selamat Pagi
    Nama saya Melin Yohana Sito A1C117038
    Menurut saya senyawa heterosiklik dapat bermanfaat dibidang medis atau obat obatan dikarenakan senyawa heterosiklik ini mirip seperti benzena, benzena dan senyawa heterosiklik sama sama merupakan mempunyai sifat kearomatikan. Oleh karena sifat kearomatikannya inilah pada senyawa itu sehingga senyawa heterosiklik banyak bermanfaat dibidang kesehatan. Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP DALAM SINTESIS SENYAWA ORGANIK PART 1

ANALISIS PRINSIP RETROSINTESIS

MEKANISME REAKSI ELIMINASI E2